Wednesday, January 18, 2012

Jurusan

Berawal dari obrolan di twitter, gue jadi keinget betapa galaunya gue dulu milih jurusan buat kuliah. Dan kenyataannya, jurusan gue sekarang sama sekali jauh dari cita-cita masa kecil gue. Jadi begini ceritanya...

Dulu, jaman gue masih kecil klo jalan ke mall gitu gue suka ngeliatin maket2 yang dipajang. Bisa sampe setengah jam-an klo kata bokap nyokap gue. Makanya, gue suka ditarik-tarik supaya mau jalan. Makin gede, gue jadi tau klo gitu2an tuh namanya arsitektur. Jadilah, cita-cita gue waktu itu jadi arsitek.

Cita-cita ini bertahan cukup lama, kira-kira sampe SMP. Gue kayak udah mantep buat jadi arsitek. Bokap gue sampe beliin lego, dan gue sering banget bikin rumah-rumahan ajaib dari lego-lego itu. Well yea, lego itu sebenernya udah lama dari jaman gue masih kecil itu sih.

Pas awal SMA, gue tahu DKV, dan gue sempet tertarik, tapi ternyata ga berlangsung lama setelah gue melihat-lihat ke bidang lain, temennya DKV, sama-sama design yaitu design interior. Gue suka banget ngeliat interior-interior gitu >.< suka amaze dan ngebayangin klo rumah gue, kamar gue bisa sebagus yang ada di majalah majalah itu. Main The Sims pun, abis gue bikin rumah dan mengisi rumah tersebut dengan benda2nya, yaudah ga gue mainin lagi. Gue cuma suka di bagian bikin rumah, dan menaruh2 barang, menata letak. Karena ini semua, gue jadi pindah haluan dari arsitek, gue memutuskan untuk ke design interior.

Tapi disisi lain gue juga tertarik sama psikologi. Setelah melihat masalah2 yang pernah gue hadepin gue jadi pengen belajar psikologi. Biar tau cara ngatasin masalah itu yang bener gitu. Gue pengen tau kenapa ini orang bisa begini, begitu. Jadi gue ga nebak nebak mulu.

Dan di kelas 3 akhir2, gue tergiur lagi dengan kecanggihan hotel management-nya binus. kayaknya keren, kuliah pake seragam, alat2 masaknya, dapurnya, trs ya gitu deh intinya kerja di hotel, kan keren~~ gue pun udah daftar dan keterima. Tapi melihat biayanya yang mahal, dan gue masih punya adek yang masih kecil yang masih butuh banyak biaya pendidikan, diurungkanlah niat gue tersebut.

Nah disinilah, tingkat kegalauan gue mencapai titik maksimal.

Pilihan gue tinggal design interior sama psikologi. Gue sendiri lebih berat ke interior, tapi bokap nyokap gue berharap gue masuk univ negri. Dan setelah gue telusuri, nanya-nanya ke orang, liat di web, katanya interior itu masuknya arsitek dan.... jurusan gue pas SMA adalah IPS. Pupus sudah harapan gue. Baiklah, gue jadi mantep ke psikologi dan... here I am, Psikologi UI 2010 :)

Eh tapi temen gue anak IPS ada lho yang masuk interior ._. kok bisa ya ._. apa gue salah informasi? Yasudahlah, emang gue disuruh masuk psikologi berarti sama Tuhan haha. But, I'm still interested in interior design :)

Ga nyesel kok gue masuk psiko, toh gue juga tertarik. Dan ilmu psiko itu kepake sampe kapanpun. Amit-amitnya klo DO, ilmunya tetep kepake! :)) ada deh 1 slogan di kaos yang sering dipake anak-anak kampus gue, siapapun yang punya slogan gue ijin ngutip ya kakak, "Psychology: They learn about everything, but we learn everything about them." Gue suka banget slogan ini B)

0 comments: