Friday, January 20, 2012

Decision Making

Judul diatas adalah kelemahan saya yang baru saya sadari setelah setua (19 tahun 2 bulan) dan sebesar ini.

Decision making adalah pengambilan keputusan. Terdengar dan terlihat gampang tapi sebenernya susah, ya at least buat gue, susah pake banget. Walaupun udah pernah dapet kuliah ini di kelas Psikologi Sosial, dan cukup sering dibahas di beberapa kelas/seminar, tetep aja gue ga bisa bisa meningkatkan kasta kemampuan yang satu ini.

Akhir-akhir ini gue baru sadar gitu ceritanya klo ternyata, gue ga bisa ngambil keputusan sendiri. Pasti ada campur tangan orang lain. Entah temen-temen gue atau nyokap atau bahkan adek gue yang notabene 8 tahun lebih muda dari gue. Di umur gue yang udah di perbatasan late adolescence-young adult ini, mestinya decision making itu... sudah cukup mudah. Setidaknya gue bisa berpikir sendiri.

Contoh simpelnya adalah ketika gue pergi ke kantin. Klo temen-temen gue itu, paling duduk, trus nanya, "makan apa ya gue?" abis itu ngeliat-liat, ga ada 5 menit mereka udah bisa ngomong, "ah gue mau makan ... ah" lalu beranjak pergi nyamperin counter makanan yg mereka mau. Lah gue, terkadang sampe makanan mereka dateng gue baru mau mesen makanan.

Satu lagi, klo bokap/nyokap abis pergi dan membawakan sesuatu yang berbeda buat gue dan adek gue, biasanya gue langsung ngambil yang gue pertama suka, terus ga lama kemudian gue suka ragu, "apa gue ambil yang itu aja ya?" ga jarang berujung berantem (tapi ga seberantem yang kalian bayangin kok) sama adek gue.

Temen-temen gue sepertinya adalah yang paling sering gue repotin urusan beginian. Klo ada apa-apa gue pasti langsung minta pendapat mereka, apakah gue harus begini, apakah gue mesti begitu. Kayaknya 80% decision gue ada campur tangan mereka. Disaat gue mesti milih dan ga ada mereka? Jengjet, gue bisa bingung sendiri.

Nah, di siang yang panas tanpa kerjaan ini gue tiba-tiba berpikir untuk mau mulai melatih decision making ability gue. Tapi di sisi lain, gue takut salah ngambil keputusan klo gue sendirian. Bahkan di saat gue udah ngambil keputusan, gue juga tetep mesti nanya ke orang lain (yang seringnya temen-temen gue). Bahkan lagi, gue kadang masih suka ragu sendiri dengan keputusan gue itu, padahal mereka bilang klo itu udah bener. Well, gue ga bisa gini terus kan. Makanya mulai sekarang gue akan me-minimalisir nanya-nanya ke orang lain. Mikir sendiri dengan segala plus minus-nya dan netepin apa yang terbaik buat gue. Bentar lagi, 10 bulan lagi umur gue udah kepala 2, I wish when I hit that numbers I was able to make my own decisions.

0 comments: